Selasa, 15 November 2011

Materi Latihan Dasar Kepemimpinan Islam FUM-Makassar (Part.2)


Karakter Pemimpin, “The Real Leader”

Makna Pemimpin
Berasal dari kata khalifah yang artinya wakil

Fungsi Ganda Pemimpin
*Sebagai khalifatullah/ pembawa Rahmat bagi seluruh alam
*Sebagai hamba Allah yang terpanggil untuk senantiasa mengabdi kepada Allah

Peran Ganda Pemimpin
^^Strategi/Umara’
^^Ilmu/Ulama
Sebelum memimpin orang lain, orang lain harus bisa memimpindirinya sendiri, namun akan terasa berat karena… Belum Bisa Mendisiplinkan Diri>> Kenapa Berat? >> Karena jadwal yang sudah diatur sedemikian rupa untuk dilaksanakan, justru dilanggar dengan mudah. Hal ini terjadi karena tidak ada hukuman  untuk diri sendiri. Intinya: Senang memaafkan diri sendiri.

Penyimpangan saat ini
Generasi muda adalah generasi penerus. Jika generasi muda sudah memiliki karakter yang rusak, dapat dibayangkan bagaimana mereka memimpin di masa depan. Penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada para pemuda/i Islam saat ini misalnya, senang pergi ke bioskop yang tanpa disadari hal itu telah melalaikan kita, rela ikut audisi hingga antri hingga ber-jam-jam hany untuk nafsu ingin dikenal, dipimpin oleh musik, tidak bisa menahan amarah yang dapat mengakibatkan bentrok, nonton konser musik, dan pergi ke club-club malam. Wana’udzubillah.

Karakter Pemimpin dalam Islam
*Jujur dan amanah, sesuai antara kata-kata dan perbuatan.
*Kompeten di bidangnya
*Inspiratif, misalnya nih.. dengan melihat wajahnya saja kita dapat merasakan 
   kesholehannya^^
*Sabar dalam menghadapi segala keterbatasan, serta tidak tergesa-gesa dalam 
  mengambil   
   keputusan
*Rendah hati, tidak riya’ dan tidak merendahkan orang lain
*Memutuskan atau merumuskan sesuatu melalui musyawarah, dalil QS: 3: 159
*Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi

Orang yang dipimpin  
Orang yang dimpimpin harus mampu memimpin dirinya sendiri untuk TAAT dan kritis.


Ilustrasi..
1.       Siapkan Telur, Wortel, dan Bijih Kopi
2.      Panaskan air, jika telah mendidih masing-masing panci diisi dengan wortel, telur, dan bijih kopi
3.      Biarkan selama 15 menit??

Apakah yang terjadi???????

ü  Telur yang tadinya lembek jadi keras.
ü   Wortel yang tadinya keras jadi gurih.
ü  Bijih kopi yang telah dihaluskan, awalnya  air yang dipanaskan wujudnya bening, namun setelah bercampur dengan kopi maka ia berubah menjadi minuman yang enak, dan harum baunya.

Apakah maknanya?????
o   Telur yang tadinya lembek jadi keras. Hal ini menggambarkan para pemuda Islam yang awalnya sangat meluruskan niatnya untuk berdakwah karena Allah, namun ia berubah menjadi watak yang keras disebabkan oleh banyak faktor bisa karena tingginya ilmu agama yang ia miliki yang membuatnya menjadi sombong.
o   Wortel yang tadinya keras jadi gurih. Hal ini menggambarkan para pemuda Islam yang awalnya sangat bersemangat untuk berdakwah, sangat menggebu-gebu, namun pada akhirnya karena ketidaksabaran dan ketidakistiqamahannya yang menyebabkannya berhenti ditengah jalan dakwah.
o   Bijih kopi yang telah dihaluskan, awalnya  air yang dipanaskan wujudnya bening, namun setelah bercampur dengan kopi maka ia berubah menjadi minuman yang enak, dan harum baunya. Hal ini menunjukkan b­­ahwa para pemuda Islam yang dalam suatu komunitas dakwah, tidak berubah keistiqamahannya dalam berdakwah sejak awal ia memulai, tidak terpengaruh oleh kondisi apapun. Justru, ia yang memberi inspirasi, membuat perubahan positif untuk orang-orang disekitarnya.
Maka..

Jadilah seperti bijih kopi..

Semakin panas Semakin enak rasanya..

Para pemuda Islam, semakin banyak ujian yang dihadapi, membuat ia semakin beristiqamah, dan tak dapat goyah tekadnya. Semakin sabar, semakin sempurna keimanannya.
 


Manajemen Organisasi

Pengertian Manajemen
Suatu proses yang terdiri atas
-         Perencanaan
-         Pengorganisasian
-         Pelaksanaan
-         Pengawasan

Pengertian Organisasi
Secara bahasa adalah penataan, pengelolaan, dan pengaturan. Sedangkan secaa istilah adalah berkumpulnya dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan yang dimaksud adalah untuk mencapai ridho Allah. Peran manajemen dalam organisasi dakwah akan membuatnya terlaksana dnegan efisien, dan efektif.

            Buat Skala Prioritas           



Tujuannya adalah menunda procrastination alias kebiasaan suka menunda-nunda. Sesuatu yang terpenting dan tidak mendesak suatu saat dapat berpindah pada kotak pertama yaitu, penting dan mendesak. Contoh dalil-dalilnya QS:Ash-shaffat: 4, Al-Maidah:35, serta hadist riwayat Atsar Rahiallahu’anhu >>”Kejahatan yang terorganisasi dapat menghancurkan, daripada kebajikan yang tidak terorganisasi".



Wallahu'alam bisshawab


Tetap semangat saudara/i ku yang kucintai karena Allah..
Allahu Akbar.. !!! : )


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar