Senin, 21 November 2011

(Part 2')Pengantar Komputer "Ms.Office Word"

LAPORAN PRAKTIKUM
PENGANTAR KOMPUTER



MICROSOFT WORD





NAMA             : me.. ^^
NIM                  : G31111008
KELOMPOK   : IV
ASISTEN        : 1. MUNANDAR MA’MUN
  2. ANDI FAJAR ASWAN









LABORATORIUM KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI
PROGRAM STUDI KETEKNIKAN PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2011

I. PENDAHULUAN
I.1        Latar Belakang
Jika ditanyakan pada para pelajar, mungkin jarang atau bahkan tidak ada satupun yang tidak mengetahui Microsoft word. Microsoft word disadari atau tidak telah menjadi bagian penting bagi kaum pelajar, khususnya bagi mahasiswa. Membuat laporan praktikum, membuat makalah,membuat  pamphlet kegiatan, proposal kegiatan, menulis surat, menulis papan nama untuk undangan, sebagian besar bahkan hampir seluruhnya tidak terlepas dari peran penting Microsoft word.
Seiring perkembangan zaman, Microsoft word telah beberapa kali mengalami inovasi, Penting bagi kita untuk mempelajarinya. Bukan hanya sekedar tahu saja, namun menguasainya. Karena dengan penguasaan, banyak hal yang dapat kita lakukan yang mungkin orang lain tidak dapat lakukan. Sehingga kita akan menjadi individu-individu yang tidak tertinggal dalam hal pemanfaatan teknologi informasi di tengah-tengah derasnya laju globalisasi. Sehingga hal ini tidak dapat dianggap remeh.
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan dilakukannya praktikum Microsoft Word, hal tersebut dapat dijadikan media mahasiswa untuk menambah atau lebih mempermantap ilmunya mengenai Microsoft Word. Bukan hanya asal mempelajari sesuai kebutuhan saja, namun mempelajari semua menu-menunya, serat terus menggali rasa ingin tahu untuk menguasai aplikasi Microsoft word secara menyeluruh. Agar kelak dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


I.2        Tujuan dan Kegunaaan
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui cara menggunakan menu-menu yang tersedia dalam aplikasi Microsoft word.
Kegunaan dari praktikum ini adalah kita dapat mengetik naskah dengan menggunakan effect font, drop cap, underline, bold, pengaturan spacing, penggunaan equation dan symbol, penggunaaan bagan, header, shapes dan text wrapping pada gambar dan penggunaan tabel. Sehingga akan memudahkan kita jika kelak menemukan masalah dalam pengetikan (seputar Microsoft word).

II. TINJAUAN PUSTAKA
II.1       Sejarah Microsoft Word
Program aplikasi pengolahan kata adalah program aplikasi yang diperuntukkan untuk    menyelesaikan   masalah pengolahan kata. Dengan program aplikasi pengolah kata, kita dapat membuat   dokumen-dokumen berbasis teks seperti surat, buku, laporan, brosur, koran, dan lain–lain. Seiring semakin dikenalnya sistem operasi Microsoft Windows, maka  mau  tidak mau para pengguna    komputer   harus   menyesuaikan   penggunaan    aplikasi   mereka. Salah   satu   program   aplikasi  pengolah kata yang sangat populer  dan  sesuai untuk  dijalankan  pada  sistem  operasi   Microsoft Windows   adalah  Microsoft Word (Martono, 2005).
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC (Anonim, I).
Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Wordprocessor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan   fitur    WYSIWYG    ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft     tidak    membuat   versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan   versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan (Anonim I, 2011).
Microsoft Word adalah sebuah program pengolah kata (Word Processor) yang dibuat oleh Microsoft Coorporation. Program pengolah kata Microsoft Word ini menjadi sangat popular karena memberikan fasilitas–fasilitas yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya. Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0 sampai 6.0 untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya, Microsoft Coorporation  telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007 untuk versi windows. Kemunculan versi baru bertujuan agar program aplikasi word processor (pengolah kata) ini lebih mudah digunakan dan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada pada sistem  jaringan baik internet maupun intranet (Fairus, 2007).
Microsoft        office       pertama       kali      diperkenalkan     pada    tahun  1989. Perkembangan Microsoft Office yaitu (Virya, 2010) :
1.     Microsoft Office 3.0. Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. Pada versi ini hanya tersedia untuk OS Windows.
2.    Microsoft Office   4.0.   Dirilis   pada   tahun  1994.   Berisi Word 6.0,  Excel 5.0, PowerPoint 4.0, Mail and Access.
3.    Microsoft Office 4.3. Seri ini merupakan seri dengan 16-bit yang terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung Windows 3.x, Windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5.
4.    Microsoft Office 95, atau juga dikenal dengan versi 7.0. Versi ini menggunakan 32-bit agar cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi,  Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Yang versi standar  terdiri    dari    Word   7.0,   Excel 7.0,  Power   Point   7.0   dan Schedule+7.0.Versi professional terdiri dari semua yang ada di standar ditambah dengan Access 7.0.
5.    Microsoft Office 97 (Office 8.0), versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
6.    Microsoft   Office  2000  (Office 9.0). Pada  versi  ini  banyak opsi-opsi   disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya   oleh    orang   awam.  Jika ingin digunakan   opsi   ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir   yang    bisa    dijalankan    di   Windows   95. Pada versi ini juga tidak ada Producct Activation.
7.    Microsoft  Office  XP bisa   disebut   sebagai   versi   10.0    atau office 2002, merupakan upgrade besar - besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan.
8.    Microsoft Office 2003 (Office 11.0)
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
9.    Microsoft Office 2007 (Office 12.0)
Versi ini dirilis tahun 2007.  Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.
10.  Microsoft Office 2010 (Office 14.0)
Untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karena adanya takhayul terhadap nomor 13  (Virya, 2010).



II.2       Kegunaan Microsoft Word
Kegunaan Microsoft Word adalah sebagai berikut (Toro, 2011) :
1.    Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format yang beragam.
2.    Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML, .HTML, dan .RTF dan .TXT. Bisa ditambahkan addon. Misalnya pada microsoft word 2003 kita tidak bisa membuka atau menyimpan dokumen dalam format .docx atau format office 2007. Maka kita bisa menginstall sebuah addon yang bisa berfungsi untuk menyimpan dalam format .docx dengan office 2003. Atau juga bisa membuka dokumen .docx dalam office 2003.
3.    Dengan Microsoft word kita bisa memformat tulisan/dokumen kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain. Dengan kata lain, microsoft word ini formatnya sangat lengkap.
4.    Bisa membuat dokumen web. Misalnya membuat file berformatkan. HTML, bisa menggunakan microsoft word. Namun ada sedikit kelemahan, yaitu: tata letaknya kurang bagus alias amburadul.
5.    Bisa melihat tampilan cetak. Dengan fitur ini anda bisa memastikan tulisan/ dokumen anda sudah mantap, alias sudah sempurna baik dalam formatnya ataupun dalam tata letak halamannya.




III. METODOLOGI PRAKTIKUM
III.1      Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum pengantar komputer Microsoft word dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Oktober 2011, pukul 15.00 - selesai, bertempat di Laboratorium Komputer dan Sistem Informasi, Program Studi Keteknikan Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar.
III.2      Prosedur Praktikum
Ada beberapa aplikasi Microsoft Word yang dipraktikumkan yaitu;
1.    Mengetik Naskah dengan Menggunakan Beberapa Aplikasi Microsoft Word
a.    Mengetik naskah sesuai format yang ada.
b.    Drop Cap pada naskah digunakan dengan cara, mengetik terlebih dahulu naskah. Lalu, gunakan Insert  Drop Cap. Pilih Dropped Lines To Drop (untuk menentukan jumlah baris yang ingin dijatuhin oleh Drop Cap).
c.    Efek garis pada naskah digunakan dengan cara, mem-blok kata-kata yang ingin diberi garis, lalu Ctrl+ D  Effects  Strikethrough (untuk satu garis) atau Double Strikethrough (untuk dua garis).
d.    Naskah ditebalkan hurufnya dengan cara meng-klik simbol B pada tab Home, dan memberikan garis bawah pada teks dengan cara meng-klik simbol U pada tab Home.
e.    Untuk member background, dapat dilakukan dengancara dibawah ini;
meng-klik Insert Picture Pilih gambar Insert.
f.     Jika ingin mengubah posisi gambar dapat dilakukan dengan cara, meng-klik kanan gambar Text Wrapping Behind Text.
g.    Setelah itu, mengatur Pencahayaan gambar di Format Picture, agar background tidak lebih terang dibanding tulisannya.
2.    Mengetik Daftar Isi
a.    Mengetik naskah sesuai format yang ada.
b.    Mengatur spacing titik-titik untuk daftar isi dengan menu paraghraph.
c.    Naskah ditebalkan hurufnya dengan cara meng-klik simbol B pada tab Home, dan memberikan garis bawah pada teks dengan cara meng-klik simbol U pada tab Home.
d.    Untuk memberi penomoran dengan symbol, digunakan Tab bullets yang terdapat pada menu Home (Microsoft word 2007).
3.    Membuat Bagan
a.    Buat struktur organisasi yang diinstruksikan di buku penuntun.
Sesuai dengan format output yang ada dengan menggunakan Insert Illustration SmartArt All Hierarchy OrganizationChart OK.
b.    Untuk menambahkan kotak, cukup denganmeng-copy kotak yang tersedia.
c.    Untuk mengubah shape sesuai yang diinstruksikan,  cukup dengan meng-klik shape, lalu klik kanan Change Shape.
d.    Untuk mengubah warna garis kotak dan warna isi kotak, cukup dengan meng-klik shape, lalu klik kanan Format Shape Fill (No Fill) atau Line Colour (Solid Line Black Colour).
4.    Membuat Kop Surat
a.    Membuat kop surat sesuai dengan format yang tersedia.
b.    Caranya, meng-klik dua kali bagian paling atas dari lembar kerja word untuk mengaktifkan Header mengetik kop surat insert logo Universitas Hasanuddin insert shapes lines(garis biasa) klik kanan pada garis Shapes outline Arrow (pilih garis sesuai yang diinstruksikan).
5.    Menggunakan Aplikasi Equation
a.    Membuat rumus yang diinstruksikan dengan menggunakan Microsoft Equation 3.0.
b.    Cara menggunakan Equation yaitu, klik insert Equation pilih tab sesuai yang diinstruksikan.
6.    Menggunakan Aplikasi Table
a.    Buat table sesuai dengan format yang diinstruksikan
b.    Dilakukan dengan menggunakan menu, insert table insert table.
c.    Untuk menyatukan dua kotak, dapat dilakukan dengan mem-blok  dua kotak klik kanan Merge Cells.

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
IV.1      Hasil dan Pembahasan
1. 
V. PENUTUP
V.1       Kesimpulan
Berdasarkan  praktikum Microsoft Word, saya dapat  mengetahui penggunaan beberapa menu-menu yang terdapat pada microsoft word yaitu;
1.    Mengetik naskah dengan menggunakan effect font, drop cap,underline, bold.
2.    Mengetahui cara mengatur spacing.
3.    Mengetahui penggunaan equation dan symbol.
4.    Mengetahui cara pembuatan daftar isi yang praktis.
5.    Mengetahui penggunaaan bagan, header, shapes dan text wrapping pada gambar dan penggunaan tabel.
V.2       Saran
Saran untuk praktikum ke depannya, sebaiknya memberikan materi lalu memberikan latihan kepada mahasiswa agar mahasiswa memiliki bekal dalam mengerjakan latihan, karena tidak semuanya memiliki pengetahuan komputer yang high. Namun, jika tujuannya untuk mengukur kemampuan siswa, ada baiknya memberikan durasi waktu dalam memberikan latihan kepada mahasiswa. Jika mahasiswa sudah terlihat kewalahan dalam mengerjakan latihan, barulah diajarkan cara mengerjakan latihan tersebut.





DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2011. Microsoft Word. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2011.


Fairus. 2007. Terampil Menggunakan Microsoft Word 2003. Ganeca Exact: Jakarta

Martono. 2005. Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi VII. Mediatama: Surakarta.

Toro. 2011. Kegunaan Microsoft Word.[Online]. Tersedia: http://blog.uad.ac.id/toro/2011/05/22/kegunaan-microsoft-word/. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2011.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar