Selasa, 22 November 2011

LAPORAN PRAKTIKUM
PENGANTAR KOMPUTER



MICROSOFT POWERPOINT





NAMA             : me.. ^^
NIM                  : G31111008
KELOMPOK   : IV
ASISTEN        : 1. MUNANDAR MA’MUN
  2. ANDI FAJAR ASWAN









LABORATORIUM KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI
PROGRAM STUDI KETEKNIKAN PERTANIAN
JURUSAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2011

I. PENDAHULUAN
I.1        Latar Belakang
Saat ini untuk menjelaskan atau mendeskripsikan ide-ide cemerlang yang kita miliki kepada orang banyak bukan menjadi hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Kita tidak perlu lagi memaparkan secara panjang ide-ide kita dengan banyak berbicara yang tentunya banyak menguras tenaga. Dizaman yang canggih ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dan disadari atau tidak, telah memberikan kontribusi positif bagi umat manusia, khususnya untuk para mahasiswa.
Program aplikasi proyeksi, Microsoft PowerPoint tentu menjadi suatu hal yang tidak asing lagi untuk para mahasiswa. Sebagai salah satu program aplikasi andalan Microsoft Coorporation, Microsoft PowerPoint telah banyak meringankan pekerjaan civitas akademika. Misalnya dalam mempresentasikan hasil penelitian, mahasiswa tidak perlu bersusah-susah payah untuk menggambar grafik hasil penelitian dipapan tulis. Cukup dengan menggunakan PowerPoint, dapat ditampilkan grafik hasil penelitian yang lebih menarik karena dapat diberikan efek warna ataupun gambar, serta mengefesienkan waktu.
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa praktikum Microsoft PowerPoint telah menjadi wadah positif bagi mahasiswa untuk lebih mendalami program aplikasi tersebut. Bukan hanya itu, media praktikum pun telah menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan seputar penggunaan aplikasi Microsoft PowerPoint. Cakrawala pengetahuan para peserta praktikum pun bertambah, dan kelak dapat diaplikasikan lagi kepada orang lain. Sehingga manfaatnya pun akan tersebar.
I.2        Tujuan dan Kegunaan
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui cara menggunakan menu-menu yang tersedia dalam aplikasi Microsoft PowerPoint.
Kegunaan dari praktikum ini adalah kita dapat membuat slide dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti hyperlink, action, slide animation, slide transtition, background styles, dan layout,

II. TINJAUAN PUSTAKA
II.1       Microsoft PowerPoint 2007
Microsoft   PowerPoint    2007   merupakan   salah   satu  program aplikasi  yang   cukup   andal   dan   profesional   untuk   membuat presentasi.  Fasilitas   pada   Microsoft   PowerPoint   juga   sangat lengkap  jika  dibandingkan dengan program aplikasi lainnya. Kelengkapan fitur dan fasilitas membuat user merasa nyaman saat menggunakannya (Wahana, 2007).
Pemanfaatan  Microsoft PowerPoint yaitu dapat membuat presentasi on-screen/elektronik   untuk   presentasi  dapat    tersusun  dari   teks,   grafik,   objek gambar,   clipart,   dan   suara   (sound).   Lain lagi dengan aplikasi transparansi overhead, bila naskah   presentasi   yang   ingin   dicetak   (berwarna   maupun   hitam   putih)    pada    bahan    transparansi,  maka   dapat   digunakan    sebagai   transparansi   overhead. Disediakan pula  slide   35   mm  yang  dengan  cara     tertentu   naskah   presentsi   dapat   ditransfer   ke bentuk   slide 35 mm,  serta   kita   dapat   menyusun   presentasi   secara   khusus   untuk   World   Wide Web, dan   menyimpannya   dalam   berbagai   format yang kompatibel dengan web seperti HTML. Dalam aplikasi Microsoft PowerPoint ada beberapa tab view yang dapat digunakan  yaitu, slide    view,  outline  view,   slide  sorter   view,   notes  page  view,   dan   slide   show.   Slide view digunakan ketika kita ingin menambahkan teks maupun gambar pada tiap slide, untuk melihat komposisi slide secara keseluruhan atau melihat secara detil, manfaatkan fasilitas zoom, berpindah antar slide, dan memanfaatkan tombol pada scrollbar. Outline view digunakan untuk  mengelola ide-ide dalam  menyusun presentasi,  karena dalam view ini kita dapat melihat peralihan topik dari slide ke slide. Slide sorter view dapat digunakan untuk menerapkan timing dan efek animasi dari transisi setiap slide. Notes page view dapat digunakan untuk mengetikkan catatan bagi pembicara presentasi, dan dapat juga dicetak. Slide show digunakan untuk menjalankan presentasi. Latar belakang (background) Microsoft PowerPoint   dapat   diatur   sehingga   menampilkan  variasi warna, gambar, atau  pola-pola   arsiran   tertentu   untuk   membuat tampilan slide menjadi lebih menarik, dengan prinsip yang kontras antara variasi latar dan warna teks/objek. Setiap slide memiliki notes page yang merupakan ruang bagi presenter, notes ini dapat dicetak untuk digunakan sebagai pengingat poin-poin selama kita melaksanakan presentasi. Seperti kita ketahui, tampilan slide diahiri dengan klik mouse, dengan slide-slide navigator   atau    dengan   menetapkan   waktu   tertentu   yang   dimana   bagian   ini secara   khusus membahas penetapan waktu suatu slide yang ditampilkan. Dengan penetapan waktu seperti ini, maka kita dapat membuat dokumen presentasi yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu operator untuk menjalankan slide presentasi. Selain menambahkan efek pada setiap teks, kita  juga dapat menambahkan efek khusus atau animasi pada objek atau teks yang ada di slide misalnya, membuat suatu teks muncul secara berputar, bahkan dapat juga menganimasi elemen-elemen suatu objek grafis, serta dapat mengatur tampilnya objek dalam slide menyertakan efek suara, atau menetapkan timing bagi setiap objek (Pusdikom, 2011).
PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronik. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi:
·                Teks
·                Gambar dan Grafik
·                Foto
·                Suara
·                Film
PowerPoint   juga   memungkinkan   komunikasi   dengan   software lain, seperti Microsoft Word atau  Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan  bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point,  bisa juga  dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint (Anonim I, 2010).
Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimasikan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari presentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline) (Anonim II, 2011).
II.2       Keunggulan Microsoft PowerPoint 2010
Ada   beberapa   keunggulan yang dimiliki Microsoft PowerPoint 2010 yakni (Anonim III, 2011) ;
1.    Membawa lebih banyak energi dan dampak visual presentasi Anda.
Hemat waktu dan uang dengan menerapkan efek foto yang canggih tanpa menggunakan tambahan software photo-editing program. Mengubah foto menjadi menarik, bersemangat visual dengan menggunakan gambar yang baru dan fitur pengeditan yang lebih baik.
2.    Menambah pengalaman video pribadi.
Mudah memangkas video untuk hanya menampilkan bagian-bagian yang relevan, juga dapat mengatur video yang akan memudar kedalam dan keluar pada interval tertentu dan menerapkan berbagai gaya dan efek video-seperti refleksi, bevels, dan 3-D putaran-untuk membantu menangkap perhatian audiens.
3.    Bayangkan just-in-time show.
Siarankan secara langsung presentasi PowerPoint dengan mengirimkan URL sehingga orang dapat melihat presentasi Anda di Web, dapat juga mengubah presentasi ke dalam sebuah video berkualitas tinggi dengan narasi untuk berbagi dengan siapa saja melalui e-mail, melalui Web, atau di DVD.
4.    Buat presentasi berkualitas tinggi dengan pemandangan grafis.
Gunakan tambahan puluhan SmartArt® layout untuk  menciptakan berbagai jenis grafis seperti bagan organisasi, daftar,  dan  gambar  diagram.
5.    Memikat audiens Anda dengan transisi baru dan peningkatan animasi.
PowerPoint 2010 penawaran baru, transisi slide yang dinamis dan animasi efek yang terlihat seperti grafik di TV.
6.    Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 
PowerPoint 2010 menyederhanakan mengakses fitur. Microsoft Office Backstage™ yang baru menggantikan tampilan menu file tradisional untuk menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan presentasi hanya dengan beberapa klik. Peningkatan Ribbon  dapat membuat kita mengakses perintah favorit lebih cepat dengan customizing tab atau dapat dibuatnya sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman gaya kerja user.
7.    Bekerja pada beberapa presentasi dan beberapa monitor.
PowerPoint 2010 memberi jendela yang benar-benar terpisah untuk setiap presentasi yang Anda buka. Jadi, Anda dapat melihat dan mengedit beberapa presentasi secara mandiri, sisi-by-sisi, atau bahkan pada monitor yang terpisah.


III. METODOLOGI PRAKTIKUM
III.1      Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum pengantar komputer Microsoft PowerPoint dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2011, pukul 10.00 - selesai, bertempat di Laboratorium Komputer dan Sistem Informasi, Program Studi Keteknikan Pertanian, Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin, Makassar.
III.2      Prosedur Praktikum
Ada beberapa aplikasi Microsoft PowerPoint yang dipraktikumkan yaitu;
1.    Memulai Microsoft PowerPoint
§  Tekan tombol Start di pojok kiri bawah layar monitor.
§  Pilih Program, kemudian klik Microsoft Power Point.
2.    Mengakhiri Microsoft PowerPoint
§  Pilih menu File-Exit
§  Tekan tombol Alt+F4 pada keyboard
§  Klik kanan icon Microsoft PowerPoint pada taskbar, pilih close
3.    Mengatur Layout
§  Masuk di Tab Home
§  Pilih Layout sesuai kebutuhan.
4.    Membuat Hyperlink
§  Masukkan kata atau simbol ke slide
§  Blok, lalu klik kanan pilih Hyperlink
§  Pilih   Place   In   This   Document, lalu tentukan arah slide tersebut  jika di-klik nanti. Dapat juga memasukkan gambar ataupun musik dengan memilih Current File. Lalu klik OK
5.    Membuat Action
§  Klik Insert
§  Klik Action
§  Pilih Mouse Click, jika hasil Action harus di klik jika ingin ditampilkan.  Dapat  juga   memilih   Mouse   Over jika hasil Action ingin ditampilkan cukup mengarahkan pointer ke daerah Action.
§  Klik  Hyperlink   to   jika   ingin  mengarahkan ke slide atau klik Run Program jika ingin memasukkan gambar ataupun mp3.
§  Klik OK
6.    Menggunakan Slide Animation
§  Masuk di Tab Animation
§  Klik Custom Animation
§  Pilih atau blok gambar, atau teks yang ingin diberi animasi
§  Klik Add Effect, lali pilih animasi yang diinginkan
7.    Menggunakan Slide Transtition
§  Masuk di Tab Animation
§  Pada   Tab   Transtition  to  This Slide,  pilih  animasi  yang diinginkan.
8.    Menggunakan tema
§  Masuk di Tab Design
§  Pilih   tema  yang diinginkan di box tema, dengan cara klik kanan, pilih   Apply  to  All  Slides   jika   ingin   menerapkan  tema tersebut untuk semua   slide.  
§  Pilih   Apply   to   selected   Slide jika ingin menerapkan tema tersebut pada slide tertentu.
9.    Menggunakan background style
§  Masuk di Tab Design
§  Pilih background yang diinginkan di box background style, dengan cara klik kanan, pilih Apply to All Slides jika ingin menerapkan tema tersebut untuk semua silde. Pilih Aplly to selected Slide jika ingin menerapkan tema tersebut pada slide tertentu.
§  Atau dapat diatur sesuai keinginan kita, dengan meng-klik Format Background Fill File Pilih gambar yang diinginkan OK Pilih Apply to all untuk menerapkan untuk semua slide atau langsung klik close jika ingin menerapkan hanya pada slide tertentu.

IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
IV.1      Hasil

IV.2      Pembahasan
V. PENUTUP
V.1       Kesimpulan
Berdasarkan  praktikum Microsoft PowerPoint, ada beberapa hal yang saya peroleh yaitu;
1.    Mengetahui penggunaan aplikasi yang terdapat pada Microsoft PowerPoint.
2.    Mengetahui penggunaan Hyperlink.
3.    Mengetahui penggunaan Action.
4.    Mengetahui penggunaan Slide Animation.
5.    Mengetahui penggunaan Slide Transtition.
6.    Mengetahui penggunaan Background Style.
7.    Mengetahui pengaturan Layout
V.2       Saran
Saran untuk praktikum ke depannya, sebaiknya memastikan semua komputer dapat difungsikan untuk praktikum dan hal-hal yang dapat menghambat jalannya praktikum seperti, ­hang-nya komputer karena terlalu banyak dijangkiti virus, agar lebih diperhatikan.

DAFTAR PUSTAKA
Anonim I. 2010. Mengenal Microsoft Office Power Point 2007. [Online]. Tersedia: http://www.tik.tp.ugm.ac.id/site/index.php?option=com_content&view=article&id=70:mengenalpowerpoint&catid=35:microsoft-powerpoint&Itemid=70 . Diakses pada tanggal 26 Oktober 2010.
Anonim II. 2011. Microsoft PowerPoint. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_PowerPoint . Diakses pada tanggal 26 Oktober 2010.
Anonim III. 2011. PowerPoint 2010 (manfaat dan keunggulannya). [Online]. Tersedia: http://belajarpowerpoint.blogspot.com/2009/11/powerpoint-2010-manfaat-dan.html. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2010.

Pusdikom. 2011. Microsoft Powerpoint. Makassar: Pusdikom Kharisma

Wahana. 2007. Seri Panduan Praktis Microsoft Office 2007. Semarang: Wahana Komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar