Senin, 07 November 2011

Surat yang Tertunda..

Waktu kelas XI, Ibu Marlan guru bahasa Indonesia SMAN 3 Makassar menyuruh kami satu kelas untuk mengarang surat yang berisikan karangan persuasif untuk mengajakk orang-orang ke Makassar, untuk dikompetisikan dalam rangka "Lomba Menulis Surat Ayo ke Makassar" kalo ga salah itu nama lombanya, dan kalo ga salah bertepatan dengan hari jadi kota Makassar.
Hingga akhirnya ia menentukan waktu surat tersebut harus dikirim, pada saat khofiyaa mau stor suratnya ke ibu, ehhh... malah dia nya cuek
jadilah suratku ini pajangan di kamar T_T
Justru, adik ku yang saat itu kelas VI SD, yang juga ikut lomba yang sama udah stor suratny.. and alhasil dia dapat peringkat ke-3 tingkat SD se-Makassar
Nyesell juga sihh... cobanya aku sedikit nekat.. Who know what will happend ? :D

This is mind i get info from Mr.google...



Di negeri Indonesia ada satu kotamadya yang merupakan jembatan gerbang kawasan Indonesia Timur, itulah kota Makasar. Kota Makassar adalah ibu kota dari propinsi Sulawesi Selatan yang memiliki hari jadi pada tanggal 9 November 1607. Kota yang dikenal dengan sebutan kota Anging Mammiri (kota hembusan angin sepoi-sepoi)  ini, dihuni oleh beragam suku yaitu suku Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar namun jangan salah, di kota yang megah ini  komunitas etnis Tionghoa pun jumlahnya cukup besar. Kota Daeng ini Makassar di sebelah barat berbatasan dengan Selat Makassar, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.  Sejak tahun 2004 dengan mnggunakan slogan Great Expectation City. Kota Makassar mulai gencar melakukan pembangunan-pembangunan yang sarat akan manfaat seperti, Pelataran Losari, Revitalisasi Lapangan Karebosi yang saat ini hampir selesai pengerjaannnya, Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Gedung Graha Pena yang merupakan gedung redaksi salah satu Koran yang ternama di Makassar, dan merupakan menara tertinggi di Makassar, serta pembangunan Trans Kalla yang kini dapat dinikmati baik oleh penduduk lokal, maupun dari luar daerah.

Dilihat dari sisi transpotasinya, sistem transportasi di Kota Makassar sudah termasuk lengkap. Misalnya saja angkutan darat, kita dapat menjumpai ribuan angkutan kota atau akrabnya disebut pete-pete yang siap mengantar anda dari satu tempat ke tempat lain, anda tak perlu khawatir karena angkutan kota tersebut memiliki banyak jalur sehinga dimanapun anda berada, Insya Allah jasa pete-pete akan mengantarkan anda hingga ke tempat tujuan. Nah, di kota metropolitan ini pun telah tersedia jasa taksi, yang berdasarkan Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas, saat ini Makassar sudah memi.iki tujuh perusahaan taksi baik yang dikelola oleh pemerintah setempat ataupun oleh swasta. Selain itu, ada juga angkutan tradisional yang di budidayakan oleh pemerintah sebagai angkutan pariwisata yakni, becak. Ditambah lagi dengan adanya  BUSWAY .. Itu tadi ditinjau dari sisi transportasi daratnya, sedangkan dari sisi transportasi udaranya ada sebuah bandara internasional, yakni Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin yang memiliki taksi khusus bandara. Bandara baru ini, dibangun dengan arsitektur modern dan memiliki fasilitas internasioal yang rencana  ke depannya, pembangunannnya akan diperluas hingga menjadi salah satu bandara terbesar yang dimiliki Indonesia.

Melihat padatnya aktifitas jalanan di kota Makassar, kita tak perlu khawatir, karena  telah  dibangun jalan tol bebas hambatan, yakni jalan tol reformasi.  Selain itu yang masih dalam proses pembangunan, Jalan lingkar  yang dimana memiliki fungsi untuk menghubungkan bandara hasanuddin dengan kota makassar juga menghubungkan kawasan-kawasan pergudangan dan pabrik serta berbagai  daerah lainnya di kota Makassar .
Berdasarkan dari berbagai sumber-sumber bacaan yang telah saya pelajari, kota nan ramah yang kini berada di bawah kepimpinan Bapak H.M Ilham Arief Sirajuddin ini memiliki banyak tempat-tempat menarik yang selengkapnya akan dijabarkan dalam tulisan singkat ini.

Wisata alam, yang pertama yaitu pantai losari. Pantai Losari merupakan tempat di Makassar yang tak mengenal kata “tidur” selalu saja ramai akan pengunjung terutama saat malam minggu menjelang, di tambah lagi deretan warung-warung makanan tradisional maupun modern yang dulunya disebut  warung terpanjang di dunia karena berjejer rapi dengan panjang kurang lebih satu km. Selain itu uniknya kawasan yang di sekitarnya terdapat beberapa hotel berbintang ini, kita dapat melihat secara langsung terbit dan terbenamnya matahari yang begitu sangat mempesona. Masih di  kawasan yang sama, terdapat pula kafe dan restoran terapung dengan menggunakan perahu phinisi, yang juga meyediakan berbgai makanan tradisional Makassar serta hotspot gratis bagi anda yang hobi browsing internet. Hangatnya udara pagi di sekitar pantai losari  membuat banyak masyarakat memanfaatkan suasana tersebut untuk berjogging ria.

Setelah pantai Losari ada juga pantai yang tak kalah ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik dari kota Makassar maupun luar daerah, pantai ini berjarak  kurang lebih tiga kilometer dari Pantai Losari, yaitu pantai tanjung bunga. Daerah rekreasi ini lebih kita  dikenal dengan sebutan  Akkarena. Pantai Akkarena dilengkapi dengan sarana taman bermain anak-anak, pusat permandian, dan restoran, pihak pengelola pun turut menyediakan fasilitas wisata air bagi yang senang berpetualangan di dunia air, seperti jet ski, banana boat, speed boat, dan mini boat. keuntungan lainnya yang didapatlkan para pengunjung pantai cantik akkarena yaitu, letaknya yang tak jauh dari pusat perbelanjaan mall gtc, poliklinik, lapangan voli pantai. serta convention and exhibition centre.bagi yangs senang berolahraga, , danau tanjung bunga  akkarena pun saat ini tengah dikengembangkan sebagai venues dayung dan dinyatakan  telah memenuhi standar internasional dari FISA (Federation Internationale des Sicietes d’Aviron), yang daspat dipergunakan untuk untuk penyelenggaraan event olahraga dayung nasional maupun  internasional . Saat ini pantai akkarena merupakan pantai terlengkap yang ada di makassar, yang dimana memanjakan para porngunjunganya dengana berbagai fasilitas. sebagai pantai yang multi fungsional, nama akkarena pun resmi diubah menjadi pusat rekreasi keluarga Akkarena.

Masih berbicara mengenai kawasan rekreasi yang jaraknya pun  tak jauh dari Pantai Losari. Pulau Khayangan, begitulah nama dari kawasan rekreasi yang lokasinya berhadapan langssung dengan tempat bersejarah Fort Rottrerdam. Pulau khayangan adalah pualau terdekat kurang lebih 3 km dari daratan kota Makassar. Dari sisi fasilitas, Pulau karang ini pun tak kalah emnariknya denhgan pantai akkarena karena dilengkapi dengan restoran berbgai makanan  baik tradisional maupum luar negeri, hotel berfalisitaskan bintang empat, tempat olahraga, serta arena bermain. Indahnya pasir putih di pulau khayaangan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, sehingga merangsang kita untuk terjun langsung berenang di laut yang mempesona itu. Satu lagi yang menambah daya tarik pulau khayangan yakni, adanya aquaitm berisi aneka ragam ikan laut hias. Tak heran tahun ini para pengunjungnya meningkat 70 %.

Satu lagi tempat rekreasi yang berinteraksi langsung dengan alam, pulau Samalona. Salah satu Pulau koral di Makassar ini, ialah  objek wisata Yang popular sebagai tempat untuk bernang. Bisa dibayang kan keindahan bawah laut ketika kita turun klangsungg menyelam ke dasar lautan, kita akan menyaksikan langsung berjejeran tumbuhan-tumbuhan, beragam ikan-ikan yang meupakkn susunan kora yang sangat indah. Menuju pulai Samalona ini tidak bgitu sulit, cukup dengan mengendarai perahu nelaayan dalam waktu rtak lebih dari setengan jam dan kita pun dapat merasakan Indahnya menyelam di bawah alautan. Tak berjarak jauh dari pilu Samalaona, kita pun juga bisa menikmati indahnya taman laut di pulau Barrang lompo. P. Barrang lompo ini banyak dihuni oleh beberapa keluarga perajin perak tradisional, dan para nelayan karena  diantara pulau sekitarnya, pulau Barrang Lompolah satu-satunya pulau yangb memiliki sumber mata air tawar.Nah, Masih ada satu lagi pulau yang patut kita kunjungi di Kota Makassar, yaitu Pulau Lae-lae. Bagi pencinta olahraga selam, dapat langsung mengunjungi pulau ini.

Dari wisata alam, kita berlanjut meneropong  wisata sejarah kota Makassar, Fort Rotterdam  atau akrabnya disebut benteng Makassar merupakan salah satu peninggalan  Belanda, pada masa kerajaan Makassar yang dimana bangunan ini dibuat pada 1545 oleh raja Gowa X yang bernama Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung.  Bisa dibayangkan betapa kokohnya nagunan yang berumur puluha tahun ini. Bangunan ini memiliki makna tersendiri, bentuknya yang berbentuk kura-kura yang tengah mengaahadap ke laut, menyimbolkan bahwa masyarakat Makassar sebagai masyarakat pelaut.  Begitu ingin memasuki benternmg ini yg ptama kali menyapa kita ialah aptung mantan raja Gowa yang bernama Sult. Hasanduuim. Di Benteng Makassar ini  terdapat Museum Laga ligo yang dalam yang di dalamnya, banyak hal- hal baru yang dapat menambah cakrawala pengetahuan kita mengenai salh satu hasil kebudaayaan Indonesia. kit adapt melihat arsitektur bangunan yg tetap okoh ini dengancorak dari Negara  portusis, pakaian-pakaian adat suku2 di sulsel,  miniature rmh2 adt sulsel, serta tulisan2 karya sastra yang di tulis dengan huruf lontarak Makassar. Salah satu naskah sastra lontara yg terkenal yakni I LAGALIGO, yang merupakan naskah lontar terpanjang yang pernah ada di  Indonesia. Lain Benteng Makassar, lain pula Benteng Somba Opu. Benteng Bersejarah ini berada di jalan Abdul Kadir Makassar, dsini kita dapat melihat beragam rumah adat yanga da di Sulawesi selatan. Inilah yang tak akan terlupakan jika amita mengunjungi kota Makasssar. Kawasan ini[un sering dimanfaatkan untuk event-event tertentu, seperti Persami pramuka dan kegiatan yayang bersifat alam terbuka lainnya.Selain itu, kawasan bersejarah lainnya yakni makam pangeran diuponegoro.

Selanjutnya kita akan dipaparkan sebuah wisata religi yang ada di Makassar. Yang pertama ialah pesona Masjid Al-Markaz Makassar. Menilik sejarahnya, masjid yang kini bernama Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M. Jusuf ini dibangun atas gagsan Bpak Jenderal M. Yusuf (alm), seorang pejuang asal Makassar yang snagt merindukan dibangunnya pusat pengembangan Islam Di Indonesia.  Masjid yang megah ini adalah hasil rabcangan Ahmad Noe’man , seorang arsitektur kondang di tanah air yang dimana dalam perancangannya ia mengadopsi gaya arsitektur Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Arsitektuer masjid Almarkaz adalah perpaduan antara nilai keislaman, waarisan, budaya local, dan kemodernan. Dapat dilihat dari bentuk atapnya yang berbentuk segi empat, melambangkan atap rumah tradisional masyarakat suku Bugis. Masjid yang diresmikan pada hari Jumat, 12 Januari 1996 ini selain berperan sebgai tempat ibadah dan kegiatan keislaman, tetapi juga di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan serta  merupakan i tempat yang ramai dikunjungi baik oleh masyarakat sekitar maupun luar daerah ini. Alasannya yakni, khususnya di hari jumat begitu banyak para pedagang-peadgang yang berjualan aneka pakaian islami, buku-buku islami, sampai pada hal berjualan makanan dan minuman. Sehingga dapat dipastikan hal ini akan   menambah semangat  kaum muslimin untuk beribadah. Masjid yang merupakan kebanggaan warga Makassar ini, merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Asia Tenggara. Bahan-bahan bangunannya pun sangat istimewa, Rangka atap masjid dari baja yang dibungkus beton. Penutup atapnya saja  dari tembaga buatan Italia. Ditambah lagi, Dinding dan mihrab dilapisi granit warna hitam. Seperti halnya masjid-masjid megah di jazirah Arab, ragam corak kaligrafi dari ayat-ayat Alquran menghiasi setiap sudut ruang Masjid Al-Markaz. Di lantai dua yang dipergunakan untuk tempat shalat, terdapat empat buah lampu kristal dari Ceko. Berlokasi di Jalan Masjid Raya Nomor 57, Makassar,  masjid ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. Bangunannya terdiri atas tiga lantai dengan luas keseluruhan mencapai 6.932 meter persegi. Lantai satu seluas 2.916 meter persegi digunakan untuk kantor, aula, perpustakaan, ruang pendidikan, koperasi, dan baitul maal (BMT). Lantai dua seluas 2.916 meter persegi digunakan untuk ruang shalat. Secara keseluruhan, masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah. Bila memanfaatkan halamannya untuk kegiatan ibadah atau kegiatan keagamaan, diperkirakan bisa mencapai 50.000 jamaah.

Setelah Masjid Al-Markas al-islami Jenderal m.Jusuf, kita berlanjut ke wisata religi yang kedua yakni masjid Raya Makassar. Masjid yang Berlokasi tak jauh dari Masjid AL-Markas ini memiliki Koleksi Al-Qur’an Terbesar di Indonesia Timur, Subhanallah. Al-Qur’an tersebut berukuran 1x 1,5 meter persegi dan berat 584 kilogram. Al Quran yang didatangkan dari Yogyakarta ini merupakan wakaf dari tokoh masyarakat Sulawesi Selatan yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Aksa Mahmud. Al Quran yang meWah ini,  dibuat oleh KH Ahmad Faqih Muntaha bersama santrinya dari Yayasan Al Asy'ariah, Jogjakarta. Bahan-bahan Al-Qur’an inpun sangat mewah. Tinta yang mengelilingi ayat-ayat Al Quran raksasa ini berasal dari bak tinta China dan cairan air teh kental yang dimana berfungsi  untukmengawtkan tinta cair yang melekat di kertas, selain itu juga terdiri atas cairan campuran lainnya untuk menghasilkan warna emas dan hijau pada hiasan di setiap halaman. ini pun dapat menjadi inspirasi bagi para pengunjung untu masjid raya Makassar, untuk lebih meningkatkan intensitas ibadahnya.

Wisata yang ketiga yakni, wisata seni. Berikut akan diperkenalkan salah satu kesenian rakyat Makassar, yakni Tarian Gandrang Bulo. Tarian ini merupakan Tarian Unik, karena di bumbuhi dengan lagu-lagu jenaka serta music daerah Makassar yang khas, dialog yang disertai dengan humor, dan ditambah gerak tubuh yang mengundang tawa. Jadi, apabila kita berkunjung ke Makassar, jangan lewatkan kesenian unik ini.

Objek wisata selanjutnya adalah wisataOlahraga. Di Makassar  yang terkenal ialah Stadion Mattoanging yang telah berubah nama menjadi stadion Andi mattalatta. Stadion Andi Mattalatta dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola dan merupakan basecamp dari tim kebanggaan masyarakat Makassar, PSM Makassar. Stadion ini berkapasitas untuk 30.000 orang. Selain lapangan sepak bola, juga dosediakan kolam renang bagi anada yang hobi renang, juga ada ruangan bulu tangkis, dan beberapa kawasan yang banyak Dipergunakan untuk melakukan berbagai  aktiaktifitas olahraga lainnya. kita pun dapat melwati stadion ini di pagi hari walaupun sekedar jogging.

Selanjutnya adalah yang baru saja mengalamai  revitalisasi atau peremajaan kembali, itulah Lapangan Karebosi. Saat berkunjung ke Makassar ini salah satu kawasan yang patut kita kunjungi karena, lapangan Karebosi ini memiliki banyak fasilitas seperti dua lapanghan olahraga yang dapat dpergunakan ileh siapa saja  secara gratis, lapangan basket, dan bulu tangkias. Namun Karebosi tak hanya memiliki fasilitas olahraga saja, namun juga memiliki pusat perbelanjaaan yang disebut dengan Karebosi Link, didalamnya terdapat restoran, super tmarkrt, elektronik, aneka macam pilihan baju,pusat  HP, serta lapangan parker Bawah tanah.

Berikut akan dipaparkan onjek-objek  wisata kuliner di Makassar. Yang pertama adalah Coto Makassar. Jangan pernah mngaku pernah ke Makassar sebelum mencicipi mantapnya aroma dan rasa coto Makassar. Coto Makassar adalah makanan tradisional sekaligus makanan khas yang  juga di sebut Coto Mangkasara itu terbuat dari jeroan dan daging sapi. Seperti hati, limpa, jantung dan usus. yang direbus dalam waktu yang lama. Tujuannya supaya lunak. Lalu, jeroan dan daging itu diiris-iris. Tak berapa lama, bumbu yang telah  diracik secara khusus pun di masukkan. Biasanya coto itu dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat serta burasa.Dan jangan lupa jeruk nipis,sambal dan kecap yang menambah nikmatnya hidngan coto makassra ini. Namun, bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi berhati-hati jangna terlalu banyak menkonsumsi makanan ni. Bagi anda yang senang akan coto makssar, tak perlu susah-susah untuk mendapatkannya karena coto makssar dapat ditemukan di pedagang kaki lima,  warung- warung seperti yang berada di jalan Gagak, yakni Coto Gagak, restoran, dan bahkan pada menu penerbangan domestic Garuda Indonesia.

Yang kedua yaitu Hidangan Pallubasa. Makanan ini juga berbahan dasar jeroan, seperti halnya Coto Makassar. Bahkan cara memasaknnya juga hampir sama.  Bedanya terletak pada kuah, ini adalah makanan dengan kuah kaldu yang kental. Rasanya. Pallubasa diberi kuah yang dicampur dengan kelapa parut goreng. Baunya sangat khas dan menggugah selera. Jika Coto Makassar ditemani ketupat, maka Pallubasa berteman dengan nasi putih.

Yang ketiga yakni Sop Konro. Sop Konro berasal dari tradisis Bugis da Makassar.  Hidangan yang satu ini pu  tak kalah nikmatnya dari keua makanan diatas,. Hidanga ini erbahan dasarkan tulang rursuk sapi atau kerbau, yang dimakan bersma nasi putih. Sop Konro yang ramai dikunjungi masyarakat Makassar yakni, yakni yang berlokasi di lapangan Karebosi, jalan Gunung Lompobattang. Namanya, Sop Konro Karebosi.

Yang tak kalah serunya adalah Sop Saudara makanan khas Makassar yang keempat ini, ini bukan berasal dari daging saudara. Tetapi masakan berkuah yang disajikan bersama nasi putih, dan ikan bandeng. Nikmatnya hidNGAN ini, dapat ditemukan di sekitaran  jalan DR. Wahidin Sudirohusodo atau di bilangan Jl. St. Alauddin.

Keempat makannan diatas ialah berasal dari daging, hidangan nikmat yang kelima ini bukan lagi daging, namun berasala dari Ikan. Di makasssar yang terkenal adalah iakn Bakarnya. Di sekitaran pantai losari kita dapat menikmati sedapnya hidangn ikan bakar makssar. Soala kita tak peril kuatir, karena orang Bugis Makassar dieknal piawaimweracik ikan dengna bumbu-bumbu pilihan.

Nah d Kota Anging Mamiri ini juga ada makanna faforit yakni pisang epe, kita dapat menemukannya hampir disepanjang jalanpantai losar, sambil menikmati semilira ngin sepoi-sepoi dan tbnamnya matahari. Makanan ini terbuat dari pisang kepok yang mengkal. Lalu dibakar dan dipipihkan menggunakan sepasang balok kayu. Pisang Epe’ disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya telah dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera. Pisang epe paling klop jika di pasangkan dengan Srabba. Sarabba adalah minuman yang snagat baik untuk kesehatan kareana terbuat dairi dari jahe, telor, santan dan gula merah ini memiliki rasa yang sangat khas.

Wisata terakhir di Makssar ini yaitu, wisata belanja dan wisata umum. Pada wisata belanja, di bumi makassar terdapat tiga mall terbesar yakni, Makassar town square yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan, dan Mall Panakkukang, Mall Ratu Indah di jalan Dr. Sam Ratulangi. Nah di san kita dapat berbelanja sepuasnya bersama keluarga tercinta tentunya.

Selanjutnya wisata umum, yang paling terbaru Di Kota Mkassar tercinta, Trans Studio Makassar: Indoor Theme Park Terbesar Di Dunia. Nama resminya Trans Studio World Makassar. Memiliki lebih daari 20 wahana permainan dan dilengkapi berbagai fasilitas- fasilitas prendukung lainnya Selain theme park, beberapa fasilitas lain yang dibangun seperti  adalah hotel, pasar swalayan(baru akan beroperasi mulai Juni 2010), arena rekreasi pantai, fasilitas perkantoran,  kafe smal, restoran, hotel, dan marina. Trans Studio World adalah theme park indoor yang pertama di Indonesia dan terluas di dunia.Trans Studio World Makassar beada dalam area Trans Studio Resort yang berlokasi di Kawasan Bisnis Global dan Pariwisata Perpadu Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan. Dan dapat diyyembuh dalm waktu yang cukup singkat ,Hanya sekitar lima kilometer dari Lapangan Karebosi. Bisa dengan menggunakan  angkutan kota, taksi, atau kendarran pribadi.l

Theme Park Trans Studio World Makassar mengadopsi konsep Universal Studio di Amerika Serikat. Berisi ruang-ruang simulasi beberapa program stasiun televisi, Trans TV, atau peristiwa di Indonesia. Konsep theme park di Trans Studio World bakal memberikan pengalaman tersendiri.  Beberapa di antaranya adalah Tsunami Island, suasana mencekam dilanda tsunami dan gempa bumi. Ada juga Magic Museum yang berisi benda-benda hidup seperti dalam film Night at The Museum, Dunia Lain, Arung Jeram, Magic Corner, Lost City, Terror Twister, dan Water Coaster. Trans Studio World mulai beroperasi bulan Juni mendatang. Secara bertahap, seluruh proyek selesai pada 2010.
Sedangkan dari segi luasnya area secara keseluruhan, ini adalah yang terbesar setelah Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.
Melihat maraknya pembangunan di makassar, pemerinyahnyapun  menggalakkkan program tanam seribu pohon, sehingga terjadi keseimbangan, antara lingkungan sarana hiburan dan rekreasi dengan lingkunagn hijau. Ayo kunjungi kota Makassar, tetap senang, tetap sehat. Di Makasssar kinjungi beragam objek-objek wisata yang menakjubkan mulai dari wisata alam, religi. sejarah, seni, kuliner, olahraga, be;lanja dan umum.di Makassar dapatkan berbagai pengalaman setru, penuh keasn,  dan berharga yang tak pernah dibayangkna seberlumnya dan  tak mudah  terlupakan.Segera ajak keluarga dan handai taulanmu.  



Fort Rotterdam

Mall GTC


Pantai Akkarena

Bandara Internasional Sult. Hasanuddin

Masjid Al Markaz Al Islami

Masjid Raya Makassar, ini mesjid yang yeppo banget menurut ku^^ lapangannya luas bo'

Coto Makassar

\
Fort Rotterdam tampak dari depan, ditandai oleh Patung Sultan Hasanuddin

Tari Gandrang Bulo

Mall GTC

Trans Studio Theme Park^^


Jalan Tol

Fly Over 



Lapangan karebosi dari tepi lapangan

sup konro

SunSet di Losari




Pallubasa


Pete'-pete' :)

PIsang epe campur gula merah, ^^ mantap mentong!!


samalona island


samalona island


Salah satu aktivitas di Pasar Sentral a.k.a Makassar Mall

SARABBA' +Pisang Epe, Mmmmm... Nyamanna

Tanjunng

Aduh sayang banget khofiyaa ga bisa nampilin Mall Panakukkang yaa -_-"
Pokoknya, teman-teman semua yuk datang ke Makassar ^^
Insya Allah ga akan nyesell..
Datang ki' nah, saya tunggu ki' itu ;)
photos:dari berbagai sumber from google.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar