Minggu, 01 April 2012

Tugas Pendahuluan II Biodas "Fotosintesis"


1.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan;
a.   Metabolisme
b.   Anabolisme
c.    Katabolisme
d.   Fotosintesis
2.   Tuliskan reaksi fotosintesis
3.   Jelaskan fungsi dari
a.   Air panas
b.   Alkohol
c.    JKJ
d.   Kertas timah (aluminium foil)


Jawab:

1.  
a.   Metabolisme adalah proses-proses pengolahan/perubahan zat-zat secara kimiawi (pembentukan dan penguraian)  yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup/sel agar tubuh dapat menjalankan fungsinya.
b.   anabolisme adalah proses pembentukan/penyusunan zat kompleks (organik) dari zat yang lebih sederhana (anorganik)  dengan menggunakan energi tinggi dari luar. Contoh : fotosintesis
c.    Katabolisme adalah proses penguraian/pemecahan zat kompleks(organik) menjadi zat yang lebih sederhana (anorganik) disertai dengan pelepasan energi. Contoh peristiwa katabolisme adalah fermentasi .
d.   Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan (glukosa)  pada tumbuhan hijau dengan bantuan sinar matahari, enzim-enzim, zat hara, air dan Carbon dioksida.


2.   6H2O  (air)+ 6CO2   (karbondioksida) + cahaya matahari/klorofil → C6H12O6 (glukosa) + 6O2(oksigen)+energi

3.    
*      Air panas
Untuk merebus daun-daun percobaan Sachs agar sel-selnya layu, dan mati.
*      Alkohol
Untuk melarutkan dan meluruhkan klorofil daun percobaan percobaan Sachs.
*      JKJ
JKJ adalah kepanjangan dari Jodium, Kalium dan Iodida. JKJ berfungsi sebagai indkator amilum yang menunjukkan ada atau tidaknya proses fotosintesis. Jika ditetesi pada daun yang melakukan proses fotosintesis akan berubah menjadi warna hitam/ungu. Jika daun itu tidak melakukan fotosintesis, maka warna akan tetap atau tidak berubah. Iodium akan berikatan dengan amilum sehingga membentuk warna ungu
*      Kertas timah (aluminium foil)
Digunakan untuk menutup bagian tengah daun (kurang lebih 3cm) dalam percobaan Sachs.  Aluminium foil digunakan karena memiliki kunggulan dalam meredam panas saat siang hari yakni, panas sinar matahari dipantulkan kembali  hingga 97 persen.
*dari berbagai sumber


Seputar Praktikum 

Ingenhousz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar