Minggu, 01 April 2012

Tugas Pendahuluan V Biodas "Populasi, Komunitas, dan Ekosistem"


1.    Apa yg d'maksud dengan produsen dan konsumen dalam komunitas?
2.    Apa yg dimaksud dengan:
a.    Spesies
b.    Populasi
c.   Komunitas
d.    Ekosistem
e.   keanekaragaman hayati
3.    Jelaskan apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring" makanan! berikan contoh masing-masing!
4.    Apa yg terjadi jk dlm komunitas jumlah produsen lebih banyak daripada konsumen dan sebaliknya. jka jumlah produsen lebih sedikit daripada jumlah konsumen?
Jawab:
1.    Produsen adalah penghasil makanan untuk makhluk hidup ; tumbuhan hijau.
Konsumen adalah pemakan produsen atau semua hewan dan manusia yang mendapatkan zat makanan dari makhluk hidup lainnya.
2.     
a.    Spesies
Spesies atau jenis adalah suatu takson yang dipakai dalam taksonomi untuk menunjuk pada satu atau beberapa kelompok individu (populasi) yang serupa dan dapat saling membuahi satu sama lain di dalam kelompoknya (saling membagi gen) namun tidak dapat dengan anggota kelompok yang lain.
b.    Populasi
Populasi adlah satu atau lebih individu suatu spesies yang hidup di suatu tempat dan pada waktu tertentu.
c.   Komunitas
Seluruh populasi hewan dan tumbuhan yang hidup pada suatu daerah atau lingkungan  yang sama
d.    Ekosistem
Kesatuan dari seluruh anggota komunitas yang membentuk hubungan timbal balik dengan lingkungan abiotiknya.
e.   Keanekaragaman hayati
atau biodiversitas (Bahasa Inggris: biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya, yaitu mencakup keanekaan gen, spesies tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme serta ekosistem dan proses-proses ekologi dimana bentuk kehidupan ini merupakan bagiannya.
3.    Rantai makanan adalah peristiwa makan-memakan yang digambarkan dalam bentuk linear. Rantai makanan dibedakan menjadi 2, yaitu:
1. Rantai makanan perumput.
            Contoh: Daun --> Ulat --> Burung--> Elang
2. Rantai makanan detritus.
           Contoh: Detritus (fragmen bangkai hewan/tumbuhan)--> Belatung--> Katak--> Ular tanah
Jaring-Jaring Makanan
Jaring-jaring makanan adalah peristiwa makan-memakan yaitu organisme heterotrof tidak hanya memakan satu jenis organisme saja. siklus'y lebih kompleks, merupakan gabungan dari rantai makanan.
4.    Jumlah produsen lebih banyak daripada konsumen berarti kekurangan makanan bagi konsumen tingkat I dapat diatasi,. hal itu mengakibatkan jumlah konsumen tingkat I akan bertambah, disusul oleh penambahn jumlah konsumen tingkat II , dan III. Sehingga alur rantai makanan dapat berjalan terus. Jika jumlah produsen lebih sedikit daripada jumlah konsumen, maka konsumen tingkat I (herbivora) akan kekurangan makanan, hal itu pun berefek pada konsumen tingkat II dan III. Sehingga bisa jadi karena kekurangan makanan, maka konsumen tingkat I akan beralih ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhannya untuk makan yang dapat mengakibatkan gangguan bagi makhluk hidup lain karena diserang dengan tiba-tiba oleh organisme lain, sehingga terjadilah kompetisi untuk mendapatkan makanan. Selain itu di sisi lain, karena konsumen tingkat I kekurangan makan, maka bisa jadi jumlah konsumen tersebut (disusul oleh konsumen II dan III) perlahan mengalami kepunahan jika tak mampu menyuplai energi bagi dirinya.



*dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar