Selasa, 09 April 2013

BP S4 Anabolisme “Fotosintesa dan Biosintesa Karbohidrat”




Sebagian besar karbohidrat berasal dari tumbuhan,  namun ada juga yang terdapat pada hewan (dalam bentuk glikogen) meskipun pada dasarnya cadangan energi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsinya (dari tumbuhan)

 Fotosintesis adalah proses konversi CO2 menjadi senyawa organik (karbohidrat) yang   secara khusus dapat terbentuk jika ada bantuan cahaya matahari. Aktivitas fotosintesis dilakukan oleh alga, bakteri, tumbuhan, dan organisme lainnya yang menggunakan cahaya matahari untuk berfotosintesis.

Terkait dengan fotosintesis, ada yang dinamakan organisme photoautotrof  yakni organisme yang berfotosintesa karena mampu menghasilkan makanannya sendiri (tumbuhan). Ada pula yang dinamakan heterotrof  yakni manusia, hewan, dan organisme lainnya yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri.


 Fotosintesis membutuhkan air dan CO2 untuk menghasilkan O2 dan senyawa organik yang keduanya digunakan oleh manusia. Nah, dari sini saja kita sudah melihat kebesaran Allah Subhanahu Wata'ala ^^. Kita bahkan dijadikan saling membutuhkan dengan mahkluk hidup lainnya,  kita membutuhkan oksigen dan karbohidrat yang dihasilkan tumbuhan, sedangkan tumbuhan membutuhkan karbon dioksida yang kita hembuskan. Subhanallah..

Fotosintesis berlangsung di kloroplas. Kloroplas adalah tempat yang menampung pigmen klorofil (zat hijau daun yang berfungsi untuk menyerap cahaya) yang nantinya akan mentransfer energi cahaya matahari untuk digunakan dalam proses fotosintesis.

Reaksi fotosintesis terdiri atas dua yakni reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang akan menghasilkan oksigen dan reaksi gelap akan menghasilkan senyawa organik (example, karbohidrat).

Reaksi Terang
Deskripsi umumnya adalah cahaya matahari akan digunakan sehingga dihasilkanlah oksigen.

NB: air yang ditangkap itu, bisa diperoleh dari nutrisi yang tumbuhan peroleh selama masa tanam. NADPH sebagai hasil reaksi terang akan bergabung bersama karbondioksida untuk menghasilkan karbohidrat)





to be continued.. inshaa Allah #^^v

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar