Sabtu, 14 September 2013

New Impression W/Microba :)


Bersyukur, Alhamdulillah akhirnya sudah masuk semester 5.
Hal yang aku rindukan bahwa selama 6 bulan aku nggak akan ada lab di Laboratorium kimia analisa. Hiks.. Hal kedua yang aku rindukan tentunya kakak-kakak asisten laboratoriumku selama setahun yang  baru-baru saja wisuda dan juga lagi prepare untuk skripsinya, tidak akan aku dapati lagi di semester ini.

Okee.. let’s adventure on school season 5 yeayeayea
6 bulan ke depan aku dan lainnnya akan berkutat dengan lab. Biotek. Otomatis diadakannya di lab mikrobiologi. Sempat down gara-gara ketemu lab ini lagi soalnya semester lalu ada trouble fatal di lab yang sama. Huhuhu
But finally, pikiranku itu... nggak sejalan dengan realita.
Kakak-kakak asistennya baik-baik, dan lab-nya seruuuuuuuuuuu!
Rasanya Alhamdulillah sekali bisa belajar mikroba pangan selama kuliah, bisa-pernah nonton drama korea terkait fermentasi (itu tuhh... pembuatan arak alias Soju di drama Cinderella’s step sister), dan mencoba sendiri mengisolasi mikroba untuk dibuat produk pangan. Kebetulan khofiyaa dapat tugas bikin alkohol dari bahan baku nira (aren). Lab ini  butuh waktu yang lama, berhari-hari, mmm.... butuh kesabaran dan tentunya ketulusan. Contohnya nih, mesti sabar menangani menunggu semua peralatan disterilisasi, memenuhi segala kebutuhan mikroba, mulai dari buatin dia media tumbuh alias cawan petri yang steril, buatin dia nutrisi yang dia butuhkan, plus menyediakan area steril, nyaman, dan aman biar dia bisa tumbuh dengan baik yang pada akhirnya akan diisolasi untuk dibuat jadi alkohol hehe. Nah, kenapa mesti tulus?  Soalnya, kalo nggak tulus alias suasana hati lagi nggak baik, bakalan ngasih bad impact pada rangkaian percobaan kamu. Hihihi emang mau ngulang lagi dari awal? Hohoho
Nah, pembuatan alkohol sendiri juga termasuk salah satu aplikasi dari bioteknologi pangan, atau lebih tepatnya fermentasi. Alkohol yang kami ingin buat butuh peran dari mikroba Saccharomices cerevisiae. Mikroba ini adalah salah satu jenis khamir yang berperan untuk mengubah glukosa menjadi alkohol. Berdasar uraian tadi, cairan nira (aren) memenuhi syarat untuk dijadikan sumber mikroba. Kenapa? Soalnya nira kaya akan gula, dan disanalah Saccharomices cerevisiae bersumber.
Selain menyediakan segala kebutuhan Saccharomices cerevisiae agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat, pembuatan alkohol akan mengambil objek atau sumber dari nira. Nyatanya kami cuman menggunakan sekitar 0,1 ml pengenceran 10 pangkat minus sembilan, dari campuran nira dan garam fisiologi, untuk ditanam pada media MEG alias malt extract granuliert (media yang cocok buat Saccharomices cerevisiae biar bisa tumbuh). Daebakkkkkk..
Saat ini mikroba ku lagi diinkubasi , mohon doanya yaa biar panen mikroba nya bisa berhasil, aamiin ya Rabb ^^


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar