Minggu, 17 November 2013

Kunjungan Agroindustri "Sari Rotiii.. Rotii... Sari Rotiiii.."


Subhanallah..Jumat yang cerah... 13:30 p.m., bus merah mulai melaju menuju kawasan industri Makasar a.k.a KIMA
Buat ngapain??
Yup... buat kunjungan industri ke. sari roti ^^


Area pabriknya dapat dikatakan luas, dan bersih. Ketika kamu masuk
ke area pabrik, kamu akan disapa oleh karyawan-satpamnya yang ramah-ramah. Setelah melapor ke satpam, kami pun dipersilahkan menuju suatu ruangan yang rasanya sangat tidak asing  bagi kami (yaa... mirip-mirip ruangan kuliah lah ^^). Pihak pabrik pun mulai memaparkan sedikit-banyak tentang Sari Roti.


Pabrik Sari Roti  merupakan bagian dari PT Nippon Indosari corpindo, Tbk. Pabrik Sari Roti di Makassar merupakan pabrik bungsu alias cabang terakhir (untuk saat ini) yang dibangun di tahun 2013. Sari roti telah mendapat beragam penghargaan misalnya nih, Forbes Asia 2011. Selain itu, pabrik Sari Roti
di Makassar ini meraih peringkat A oleh BPOM, in other words... merupakan
satu-satunya pabrik di Makassar yang meraih peringkat A dalam hal sanitasi, dan lain sebagainya. Sebelum memasarkan rotinya, terlebih dahulu para peninjau dari Jepang akan datang melakukan pemeriksaan dalam beberapa hal. Jika kualitasnya sudah dikatakan layak, maka roti dapat dipasarkan kepada masyarakat.
Sari Roti “Roti sandwich” per hari nya telah memproduksi 200,000 keping roti. Beberapa varian Sari Roti seperti “Cake Chifffon” belum diproduksi di area Makassar, karena alatnya belum tiba dari Jepang. Whoaaaaaa.. Kakkoiii.. Tau tidak kenapa roti “Sari Roti” memiliki tekstur yang lembut? Hal ini disebabkan karena perlakuan double mixing  pada roti. Khofiyaa gak bisa jelasin lebih lanjut nih tentang proses double mixing nya, biar kamu-kamu penasaran buat datang langsung ke pabriknya ^^v.
Berbicara tentang proses produksi, butuh 8 jam untuk menghasilkan roti. Proses produksinya secara umum terdiri atas penerimaan bahan baku yang telah memiliki sertifikat halal dengan mutu konsisten>> penyimpanan bahan baku berdasar karakter masing-masing>>scaling atau penimbangan bahan baku>>pengolahan lebih lanjut ****^^v**********************>>rounding>>pressing (bertujuan menghilangkan gas  pada adonan)>> panning (peletakan di adonan)>> final fermentasi>>baking>> roti didinginkan (untuk menjaga kelembaban kadar air, agar kemasan tidak berembun dan berjamur)>> packaging. ^^ Terkait bahan baku, roti “Sari Roti” menggunakan ragi basah, yang mungkin jarang kita temui
di Makassar.
Berdasakan survei yang telah dilakukan, masyarakat Makassar lebih suka makan roti yang manis-manis. Oleh karena  itu, di Makassar belum diproduksi roti rasa keju. Roti yang diproduksi disesuaikan dengan permintaan pasar. So, jangan heran kalo jalan-jalan ke mm.... Jakarta, roti yang ada di Makassar belum tentu ada di Jakarta.
Terkait sanitasi.dan tata letak ruang produksi bisa aku katakan “bersih” sesuai teori yang aku peroleh di kampus. Misalnya, tata letak area produksi yang tidak sempit (memungkinkan pergerakan yang wajar oleh karyawan), tidak terdapat sudut di ruangan yang tentunya sangat potensial menjadi tempat pertumbuhan mikroba atau tumpukan debu. Selain itu, karyawan benar-benar melalui proses sanitasi yang baik –personal hygiene- sebelum memasuki area produksi, ex.. Air shower ( tempat pembersihan karyawan produksi,, mereka bakalan disemprot angin agar kotoran ex. Helaian rambut bisa terlepas). Pembersihan alat ada yang menerapkan CIP (clean in place-alat/mesin produksi dibersihkan tanpa dibongkar) dan ada pula yang menerapkan COP (clean out place- alat/mesin produksi terlebih dahulu dibongkar sebelum dibersihkan). Pembersihan alat, ada yang dilakukan tahunan, bulanan, juga mingguan...
Kunjungan industry kali ini cukup mengensankan. Why? Soalnya... ada tiga mata kuliah semester 5 yang keseluruhannya lebih aku pahami dengan menyaksikan penerapannya secara langsung. What is tthat??
-       Sanitasi industry
-       Tata letak industry
-       Manajemen industry pangan
Subhanalllah... syukur banget bisa join, dapat roti gratis pula ^^  




Alhamdulillah...Nice Friday

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar