Minggu, 16 November 2014

[EDISI TEMAN 2] Wanita itu bernama Ef




Hari-hari ku akhir-akhir ini cukup berwarna dan konyol.. maklum ada kondisi yang membuat saya dan wanita ini selalu bareng. Wanita itu bernama Ef. Dia punya nama yang cantik, namun entah mengapa saya lebih senang memanggil dia Ef. Bahkan nama kontak di handphone ku pun tetap “Ef”.
Sebenarnya bukan cuma dia saja yang bisa bikin hidup ini berwarna kayak nano-nano. Saya punya puluhan teman kelas yang luarrr biasa. Namun mungkin kali ini, Ef adalah wanita yang Get Lucky buat aku bahas di mini blog ku haha..
Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun.. alangkah lebih baik jika kita sibuk meneladani sifat atau kelebihan dari seseorang, ketimbang kita sibuk mencari atau bahkan mendalami kekurangan atau sifat buruk seseorang kan?. Aduh.. wasting time banget.. Na’udzubillah..
Alasan aku mau akrab dengan seseorang yang pertama pastinya karena dia mencintai apa yang aku cintai … dalam hal ini dia adalah teman seiman. Dia mencintai Allah sebagai satu-satunya Ilah (sesembahan). Mencintai dia sebagai saudara seiman, yang kadar kecintaan ku itu tidak bisa disamakan dengan mereka yang tidak seiman, tidak bisa disamakan ketika saya bergaul dengan mereka yang tidak seiman :)
Paham maksud aku nggak?
Maksudnya itu kecintaan kita kepada dia (kaum muslimin) sebagai saudari seiman. Sapaan kecintaan yang biasa kita lontarkan adalah , “ukhti…” atau “ukhtifillah”.. So, sometimes.. gak semua orang aku panggil ukhti.. hanya mereka yang seiman.. mereka yang mencintai Allah ^_^
Bukankah melalui lisan Baginda Rasulullah yang mulia, telah diungkapkan salah satu keutamaan saling mencintai karena Allah ..?  yuk simak hadist berikut

Terdapat tujuh (7) golongan yang mendapat Naungan (perlindungan) Allah SWT di Hari Kiamat kelak. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:
“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah سبحانه وتعالى pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. (1) Pemimpin yang adil, (2) Seorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan ibadah kepada Allahسبحانه وتعالى, (3) Seorang yang hatinya selalu terikat pada masjid, (4) Dua orang yang saling mencintai kerana Allah سبحانه وتعالى, berkumpul dan berpisah kerana Allah juga, (5) Seorang lelaki yang di ajak zina oleh wanita yang kaya dan cantik tapi ia menolaknya sambil berkata ‘Aku takut kepada Allah’, (6) Seseorang yang bersedekah dengan menyembuyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfaqkan oleh tangan kanannya, serta (7) Seorang yang berzikir kepada Allah di kala sendiri hingga meleleh air matanya basah kerana menangis.” (Sahih Bukhari, Hadis no 620)

Subhanallah.. siapa yang mau mendapatkan naungan di hari kiamat? Hari ketiika mentari berada satu jengkal di atas kepala. Tentu semuanya mengharapkan naungan  yang tidak akan ada kecuali dari Allah
Dan dalam hadist tersebut disebutkan keutamaan saling mencintai karena Allah. Kecintaan tersebut semata-mata cinta yang disematkan karena Allah..
Ef mungkin salah satu teman perempuan yang punya ilmu atau paham tentang beberapa hal yang disyariatkan dalam Islam.. hal ini mungkin karena si Ef sebelumnya pernah menimba ilmu agama di tempat atau lembaga islam yang sama dengan tempat aku menuntut ilmu agama saat ini. Jadi, terkait beberapa topic.. sejak semester satu sampai sekarang, mungkin Ef yang lebih banyak aku ajak diskusi atau  mintai pendapatnya
di antara teman-teman terdekatku.
Ef lebih muda setahun, aslinya kita-kita mestinya manggil dia adek. But.. karena dia sekolah nya akselerasi, jadinya dia tergolong mahasiswa tingkat akhir di tahun ajaran 2014.2015
Salah satu hal yang aku kagumi dari dia adalah konsistensinya untuk belajar dan mengembangkan diri. Dia anak yang pintar dan cepat menangkap pelajaran. But dia nggak seserius kebanyakan mahasiswa pintar yang ada dipikiran banyak orang. She really like to play games or read manga. And I cant imagine how prefer and clever she is to play games ..
Amanah.. dalam kurun 3 tahun terakhir saya kerapkali satu kepanitiaan dengan Ef, yaa.. tentu saja kita kan satu angkatan =.= dari yang aku lihat, dia orangnya amanah terhadap apa yang dipercayakan kepada dia. Emang bener sih, seorang guru pernah berkata kepadaku bahwa “amanah.. sesuatu yang dipercayakan kepada kita; sesuatu yang jika orang titipkan kepada kita maka dia merasa aman; sesuatu yang jika kita diberi tanggung jawab,maka kita langsung mengerjakannya hingga tuntas.. so, ketika kita diberi amanah, sekalipun bisa dilakukan besok.. lusa.. atau minggu depan, maka kita belum dikatakan memiliki sifat amanah jika tidak langsung mengerjakannya sungguh-sungguh hingga tuntas” waw….
And maybe this is be the main reason, why Ef has been choosing as a steering committee for Big Event on AGRITECH EXHIBITION 2014 . AE 2014 kemarin merupakan kegiatan tahunan HIMATEPA UNHAS yang menjadi wadah bagi karya anak-anak bangsa yang ingin mengeksplor ide kreatifnya melalui karya nyata. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Dan Ef.. menjadi salah satu orang yang terlibat dibalik suksesnya kegiatan itu.
Kami (aku dan ef), kerap kali berada di lingkungan yang jika orang-orang melihatnya, maka mereka akan berpikir bahwa kami kurang tepat berada dalam lingkungan itu.. yap! Kami kerap kali merasa kurang nyaman berada di lingkungan yang banyak cowok-cowoknya. Bukan karena apa-apa, mungkin ini kodrati seorang wanita yang berusaha menjaga diri dan imannya. ^_^ dan sekali lagi.. Ef salah satu teman yang rasanya peka akan hal-hal tersebut, jadinya.. aku punya teman untuk saling mengingatkan dan sama-sama menjaga diri, ^_^ bagaimanapun.. hijab yang kami gunakan adalah pelindung, dan saat kondisi seperti itu menghampiri.. maka hijab ini pula yang menyadarkan kami  akan rambu-rambu agama yang seolah berkata bahwa, “Girls.. it is not the great place for you, move on to the other area!”. Wahh… as a moeslimah, tentu saja kami bersyukur karena Allah masih menjaga kami dengan hijab-hijab kami. Bagaimana dengan kamu? Semoga kamu juga punya teman seperjuangan kayak Ef ^_^
Meskipun kemarin sempat saling bercanda, sampai-sampai nama blog “bidadari xxxxx” mau diganti sama “cewek punk..” karena nama”bidadari xxx” terlalu sering disebut di kalangan anak-anak di prodiku hahaha.  Mungkin becandaan itu yang bikin kami lebih akrab.
Dan hingga detik ini, kami se-partner untuk tugas akhir perkuliahan. Semoga saling menguatkan dan saling mendukung  hingga akhir.

Kita bertemu bukan tiba-tiba
Tapi semua sudah diatur dalam skenario-Nya yang indah
Tak ada satupun jiwa yang sempurna, untuk itu.. sahabat dikirimkan Allah untuk senatiasa mengingatkan ketika salah.. mengingatkan ketika lupa
Walau nasihat terkadang terdengar pahit.. namun pernahkah kita berpikir bahwa..
“Mungkin ini cara tulus dari saudari ku memperlihatkan kasih sayangnya.. perhatiannya.. kepada sahabatnya”  
Semoga Allah senantiasa meng-istiqamahkan  di jalan yang lurus
Mereka yang saling mencintai karena-Nya
Semoga Allah menjaganya dengan hijab-hijab yang dikenakannya
Menjaganya dari sikap, serta  lisan yang menyayat dan menyakiti banyak hati di sekelilingnya
Bukan kebalikannya…walau ku tahu manusia tempatnya salah dan dosa
Namun.. menjadi hikmah, dan inspirasi bagi setiap pribadi yang mencintai Rabbnya

Ana Uhibbukifillah O: )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar